Tuesday, December 16, 2014

Indonesia Buat Kapal Induk Helikopter

Dalam waktu dekat, Indonesia akan membuat Kapal Induk Helikopter di galangan PT PAL Jawa Timur. Indonesia merupakan Negara yang hampir 2/3 bagiannya berupa perairan, Indonesia pula merupakan Negara kepulauan yang dipisahkan dengan perairan, posisi yang berada di antara dua samudra menuntut Indonesia untuk memiliki Angkatan Laut yang kuat.

PT PAL

Tak ayal PT PAL bersama Mentri Pertahanan telah menyepakati untuk mulai membangun sebuah kapal induk yang memuat helicopter. Pada tahun 2008 Mentri Pertahanan menandatangani kesepakatan mempelajari dan member konsep dasar tentang kapal induk ini. Awalnya pada tahun 2008 tersebut, PT PAL ingin membuat Kapal Induk yang berisi 6 helipad di luar, serta tempat 10 helikopter di dalam hangar.

Desain Awal Kapal Induk Helikopter Indonesia
<Desain Awal Kapal Induk Helikopter (6 helipad)>


Desain Akhir Kapal Induk Helikopter Indonesia
<Desain Akhir (2013) Kapal Induk Helikopter (8 helipad)>

 
Seiring berjalannya waktu, ketika diadakan MEF 1, Mentri Pertahanan yang baru mulai merevisi kesepakatan yang telah di tanda tangani tahun sebelumnya, dengan menambah hingga 8 helikopter di luar, serta 14 helikopter di dalam hangar, jadi totalnya 22 helikopter. Akan tetapi kapal induk ini, tidak akan didesain untuk didarati jet tempu, ungkap penjaga stand PT PAL di acara Kongres Diaspora di Senayan Jakarta.
Pembuatan Kapal Induk Helikopter di PAL
<Pembuatan Kapal Induk Helikopter di Galangan PT PAL>


Proses Pembuatan Kapal Induk Helikopter Indonesia
<Proses Pembuatan Kapal Induk Helikopter Indonesia>

PT PAL yang telah mempelajari mulai tahun 2008, kini mulai memperbarui konsep mereka. Adapun desain utama kapal Induk ini, akan mengadopsi desain Kapal tipe Double Skin Bulk Carrier, Kapal Star 50 yang telah dibeli oleh perusahaan pelayanan internasional. Kapal ini memiliki berat mati 50.000 ton (DWT).

Kapal Star-50 merupakan kapal angkut curah buatan PT PAL Indonesia yang telah laku dipasaran dunia dan telah diproduksi sejak tahun 2005. Harapannya kapal ini segera di produksi dan segera menjadi kapal pengiring kedaulatan Negara Indonesia, agar Negara Negara tetangga gentar terhadap kita, serta enggan mengganggu kedaulatan Negara Indonesia ini.

Kapal Star 50
<Kapal Star 50 Angkut Curah>
















1 comment:

  1. kunjungi juga!!!
    http://muhammadpahmie.blogspot.co.id/2016/10/fakta-mengejutkan-seputar-indonesia-di.html

    ReplyDelete