Wednesday, December 17, 2014

Indonesia Siap Luncurkan Tank Pertama Buatan PT Pindad

Setelah sukses memproduksi Rantis (Kendaraan Taktis) Komodo, dan Anoa, bahkan pindad sendiri telah memproduksi aneka varian dari rantis Anoa sesuai kebutuhanyang di inginkan pembeli. Kini PT Pindad Sukses merampungkan pembuatan tank pertama buatan dalam negeri yaitu Tank SBS.

Tank Pertama Buatan Indonesia

<Tank SBS, Tank Pertama Karya Anak Bangsa>

Tank SBS merupakan lompatan besar bagi PT PINDAD. Secara fisik Tank SBS bisa dimasukkan kedalam kategori APC (Armoured Personal Carrier), APC memiliki fungsi utama untuk membawa pasukan infantry di dalamnya. Dari body utamanya sangat terlihat bahwa Tank SBS sangat mirip dengan kakaknya yaitu panser Anoa. Prototype Tank SBS kini berada di bagian litbang untuk mendapatkan penambahan dan penyempurnaan komponen. Kalau sudah rampung mengerjakannya, Tank ini akan segera dimintai sertifikasi oleh Kemenhan, dan mulai akan di produksi missal kira kira tahun 2016 nanti. Kedepannya harapan Departemen Humas dan Hukum PT Pindad Tuning Rudyati agar tank buatan Pindad ini dapat disejajarkan dengan tank sekelas Marder buatan Jerman.

Tank SBS Pindad

<Tank SBS Buatan PT Pindad>

Adapun karakteristik Tank SBS :

SBS memiliki panjang badan 5,68 meter, lebar dimensi 2,77 meter, dan memiliki tinggi sekitar 1,9 meter. Dengan berat kosong yang hanya 10 ton tank ini dapat berlari di kecepatan 70 km/jam dan dapat menjangkau hingga 400 km dengan kapasitas 400 liter tangki. SBS dapat membawa 10 kru termasuk 3 sebagai operatornya. Adapun untuk masalah suspensi, tank SBS dibekali lima roadwheel mesin diesel yang memiliki 6 silinder dan berpendingin cair. Tank SBS mengadopsi kekuatan 250 hp dengan rasionya 20 hp/ton. Adapun untuk masalah perlindungan kru, tank SBS menggunakan baja kuat setebal 10 mm sebagai penahan tembakan ringan.

Tank SBS Versi Pembawa Roket R-Han

<Tank SBS Versi Pembawa Roket R-Han>

Tank SBS Pindad Pembawa Roket

<Varian Tank SBS Pembawa Roket R-Han>

Kita semua sebagai warga Negara yang baik, sepatutnya untuk berbangga. Semoga kedepannya PT PINDAD dapat memproduksi hingga MBT sekalipun. Amiiin

No comments:

Post a Comment